Home Game Sejarah Game Online Dan Daftar Game Dalam Turnamen Esport
Game

Sejarah Game Online Dan Daftar Game Dalam Turnamen Esport

Game online merupakan salah satu bentuk kemajuan zaman yang ada saat ini. Namun untuk menjadi seperti saat ini game online tentunya memiliki sejarah yang cukup panjang. Sejarah game online berawal dari kemunculannya yang diperuntukkan untuk pendidikan pada tahun 1969. Kemudian dikembangkan hingga pada tahun 1970 dengan adanya plato yang merupakan sebuah sistem untuk melakukan sebuah sharing. Dan terjadi sebuah kemajuan yaitu satu komputer dapat diakses oleh beberapa orang. Tahun 1970, 2 tahun setelah ditemukannya sistem Plato akhirnya terdapat Plato IV yang memiliki pembaharuan pada grafiknya. Munculnya Plato 4 ini digadang-gadang dapat memberikan akses bagi banyak pemain untuk bermain dalam satu permainan atau yang disebut dengan multiplayer.

Sejarah Game Online Setelah Dihapuskannya NSFNET

Sejarah Game Online Dan Daftar Game Dalam Turnamen Esport

Sebelum tahun 1995 perkembangan mengenai daring cukup melambat namun setelah dihapusnya NSFNET (National Science Foundation Network).  Selain itu sudah banyak perusahaan yang meluncurkan berbagai macam jenis permainan baru dengan persaingan yang ketat. Untuk pembuatan akses ke domain lengkap internet juga semakin mudah untuk dilakukan sejak tahun 1995.

Roy Trubshaw dan Bartle Richard merupakan dua orang pengembang Multi-User Dungeon atau MUD  pada tahun 1980-an. MUD tersebut dijalankan di Universitas Essex, Colchester, Inggris pada bulan Desember. Hal ini mengalami kemajuan yang pesat sampai Universitas tersebut memberlakukan pembatasan waktu bermain dan jam malam.

Meskipun pada dasarnya MUD memiliki hak cipta, namun Roy Trubshaw dan Bartle Richard tetap membagikannya kepada beberapa Universitas sebagai suatu bentuk tujuan untuk pendidikan.

Hingga pada tahun 1983 ada banyak salinan dari MUD yang dilakukan secara ilegal. Salinan ilegal tersebut telah didistribusikan ke berbagai belahan dunia. Hingga akhirnya banyak orang bebas mengakses dengan mudah MUD di berbagai macam universitas.

Mulai dari situ juga ada banyak perusahaan atau developer game yang merilis dan mengembangkan game daring. Baik game tersebut berbayar maupun tidak. terlebih saat ini para pengembang game  juga dapat dengan mudah menjual hasil tersebut ke Google Play Store.

Sejarah game online sendiri dimulai pada tahun 2001. Game daring pertama yang mulai populer di Indonesia bernama Nexia online. Game ini merupakan salah satu game daring yang masih sederhana dengan basis grafik 2D yang merupakan permainan RPG dan dikembangkan oleh BolehGame. Nexia online keluaran BolehGame ini bisa dijalankan di komputer yang memiliki spesifikasi rendah. Seperti contohnya dengan prosesor Pentium 2 yang memiliki grafik 3D. Meskipun Nexia online ditutup pada tahun 2004 dengan alasan lisensi tidak diperpanjang, namun sejarah game online di Indonesia tetap berlanjut dan berkembang. Muncul berbagai provider game di Indonesia seperti contohnya pada tahun 2002 ada RedMoon. Kemudian pada tahun 2003 bernama Laghaim serta Ragnarok Online. Dan provider game yang populer di Indonesia pada tahun 2004 adalah Gunbound.

Dari tahun ke tahun Perkembangan game daring semakin meningkat dengan pesat. Hingga saat ini sudah ada banyak developer game yang meluncurkan game daring dengan berbagai keunggulan. Bahkan saat ini game daring sudah bisa dilombakan termasuk di Indonesia sendiri yang dijuluki sebagai Esport.

Game Daring Yang Dipertandingkan Secara Resmi

sejarah game online

Berkembangnya zaman membawa kemajuan dan dampak yang baik bagi para pecinta game. Pasalnya saat ini game sudah ditandingkan secara resmi dalam sport atau yang disebut dengan olahraga elektronik. Bahkan turnamen tersebut bisa digelar secara internasional dan diikuti oleh beberapa negara yang lain. Berikut ini merupakan beberapa contoh game daring yang ditandingkan secara resmi:

1. Mobile Legends: Bang Bang

Game yang ditandingkan dalam sport yang pertama adalah mobile Legends Bang Bang. Resmi dirilis pada bulan Juli tahun 2016 game ini merupakan salah satu jenis Game arena pertempuran daring atau yang lebih akrab disebut dengan MOBA. Game ini dirancang untuk dimainkan oleh banyak pemain atau multiplayer dan bisa dimainkan di Smartphone di dengan OS Android ataupun iOS. Mobile Legends Bang-Bang merupakan game daring yang sangat populer di Indonesia. Bahkan pada bulan Desember tahun 2018 pengguna aktif dari game Mobile Legends Bang Bang ini sudah mencapai sekitar 50 juta orang. Pertandingan Mobile Legends Bang Bang juga sempat dilakukan secara resmi untuk merebutkan Piala Presiden.

2. Arena of Valor (AOV)

Game daring yang banyak dipertandingkan yaitu Arena of Valor (AOV). Awal kemunculan game dari ini diberinama Mobile Arena. Game ini dikembangkan oleh MOBA Games Private Limited. Dengan total hadiah mencapai uang tunai senilai 1 miliar, pada tahun 2017 turnamen games Arena of Valor (AOV)  ini digelar oleh komunitas Garena Indonesia. Turnamen tersebut diberi tema Battle of Favor yang sudah masuk pada tingkat nasional. Meskipun bisa dibilang game daring baru yang populer di Indonesia namun dihitung per 2 Februari tahun 2018 yang lalu pengguna yang sudah mengunduh aplikasi ini mencapai 5 juta. Arena of Valor (AOV)sendiri merupakan salah satu cabang pertandingan e-sport dalam Sea Games 2019 yang berlangsung di Filipina.

3. PUBG

Games yang ketiga adalah PUBG. Mengusung genre Battle Royale Battleground PUBG ini bisa dimainkan oleh banyak orang atau multiplayer. Bahkan game ini bisa dimainkan oleh 100 orang secara serentak.

Itulah beberapa game yang sering dipertandingkan. Oleh karena itu saat ini bermain game online tidak hanya dilakukan ketika waktu luang saja. Namun dengan berkembangnya zaman game online menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada tingkat nasional internasional. Itu bisa menjadi salah satu peluang yang baik untuk prestasi siapa saja. Namun ada juga game yang kini sudah menjadi ladang penghasilan bagi setiap orang seperti contohnya pengeluaran hk, dengan hanya bermodalkan internet saja setiap orang mampu mendapatkan sebuah penghasilan dari setiap kemenangan di situs tersebut.

Author

Mattie Hansen