Home Informasi Ketahui Sejarah Kota Sukabumi Yang Jarang Diketahui
Informasi

Ketahui Sejarah Kota Sukabumi Yang Jarang Diketahui

Setiap kota memiliki sejarah yang diingat warganya, bahkan menjadi nama kota tersebut agar tidak dilupakan sejarahnya. Sama halnya dengan kota Sukabumi yang memiliki sejarah panjang, ada sedih dan bahagia yang dialami masyarakat sekitar. Sayangnya zaman modern ini, mayoritas orang enggan mencari tahu sejarah kota yang sangat penting. Padahal berita tentang sejarah kota dapat dijadikan wawasan agar menjadi pribadi lebih baik.

Sejarah Kota Sukabumi

Menurut sejarah, saat zaman penjajahan Belanda sudah ada sejarah di kota Sukabumi loh. Tepatnya, kota tersebut termasuk wilayah yang diperjualbelikan hingga jatuh ke tangan swasta. Bahkan seseorang yang bernama Jan Breman memberikan penjelasan adanya keuntungan kolonial saat kerja paksa, yaitu gubernur jenderal menjadi pemborong tanah milik negara dan ia jual pada pihak swasta. Memang memilukan, tetapi wajib diingat sebagai sejarah. Berikut ada ulasan sejarah yang dapat dijadikan wawasa, yaitu:

Ketahui Sejarah Kota Sukabumi Yang Jarang Diketahui
  • Adanya jalan raya yang terkenal bengis

Anda pasti mengenal jalan Raya Poso, tepatnya dari Anyer sampai Panarukan yang terkenal bengis. Jangan salah loh, hal tersebut termasuk sejarah kota Sukabumi karena gubernur jenderal yang bernama Willem Daendels yang membutanya dan cakatan dalam hal jual beli tanah.

Bahkan jendela tersebut rela memborong tanah milik negara dan menjualnya dengan harga mencapai 10 kali lipat dari pemilik awalnya. Nggak heran masyarakat Sukabumi saat itu sangat penderita karena penjajahan tersebut, walaupun menderita tetapi selalu bersemangat dan menyerahkan semua masalah pada Sang Pencipta.

  • Terdapat pengalihan wilayah Sukabumi ke tangan swasta

Berita tentang sejarah kota Sukabumi selanjutnya adalah adanya pengalihan wilayah Sukabumi ke tangan swasta, itu terjadi karena gubernur jenderal selanjutnya yang bernama Thomas Stanford Raffles mengadakan lelang dengan keinginan agar ada pengalihan kota Sukabumi ke tangan swasta dengan harga yang lunak.

Sejatinya, berita tentang sejarah Kota Sukabumi masih banyak dan menjadi ingatan tajam masyarakat sekitar. Tetapi ke dua berita diatas dapat dijadikan wawasan mengenai sejarah terdahulu, sebagai masyarakat maju sudah sepatutnya berkaca dan menjaga kota agar masyarakatnya hidup bahagia.

Author

Mattie Hansen