Home Masyarakat Sejarah Kota Kelaten Secara Umum
Masyarakat

Sejarah Kota Kelaten Secara Umum

Kota Kelaten juga memiliki sejarah yang panjang dan diingat masyarakatnya, bahkan diketahui masyarakat kota lain karena dianggap sebagai identitas kota. Apalagi sejarah tersebut pasti ada di pelajaran sekolah sehingga generasi penerus mengetahui sejarah terdahulu disaat suka maupun duka.

Daftar Sejarah Kota Kelaten

Memang, setiap kota memiliki sejarah tersendiri dan dianggap sangat penting. Tetapi sejarahnya berbeda sehingga membuat masyarakat penasaran ingin mengetahui sejarah kota tempat tinggal, apalagi sejarah tersebut masih dirasakan atau menjadi jalan. Berikut ada deretan sejarah kota Kelaten yang wajib diketahui, diantaranya adalah:

  • Jalan panjang menjadi penepatan hari jadi Klaten

Bukan rahasia lagi, penetapan hari jadi kota Klaten melalui perjalanan yang panjang. Untuk itulah saat tanggal 28 Juli tahun 1804 menjadi hari jadi kota Klaten dengan memberikan slogan “Klaten Bersinar”

Menariknya lagi, walaupun terdapat keputusan tersebut masih ada tim peneliti yang meneliti secara detail hari jadi kota Klaten loh. Tak heran perjalanan hari jadi Klaten selalu diingat sampai sekarang, bahkan menurut catatan sejarah pemerintah Kabupaten Klaten dengan peraturan daerah nomor 12 tahun 2007 menjadi hari jadi kota Klaten dan diperingati setiap tahun sampai sekarang.

  • Potensi wisata yang sangat potensial

Sejatinya, Kabupaten Klaten menurut letak geografis terbagi menjadi 3 dataran. Untuk dataran utara termasuk dataran lereng Gunung Merapi, sementara di Timur membujur dataran rendah dan di sebelah Selatan adalah dataran Gunung Kapur. Bahkan jumah kecamatan di Klaten ada 26 dan semuanya memiliki potensi wisata yang signifikan. Nggak heran objek wisata di Klaten di datangi wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan objek wisatanya.

Sejarah Kota Kelaten Secara Umum

Apalagi banyak objek wisata yang menawarkan keasrian alam bawah laut, memancarkan keindahan dan kebersihan. Tentunya hal tersebut berkaitan erat dengan sejarah terdahulu. Walaupun menurut sejarah ada kalanya masyarakat menderita akibat masa penjajahan, tetapi di sisi lain ada kebahagiaan akibat masa penjajahan tersebut.

Berita sejarah dinilai hanyalah mengulas kesedihan dan membuat kesedihan tersebut teringat kembali. tetapi ada kalanya mengaingat sejarah sebagai pencapaian hal lebih baik, tanpa sejarah yang memberikan kesediahan pasti tak membuat seseorang atau kota menjadi maju dan menjadi tempat wisata.

Author

Mattie Hansen