Home Sejarah Berita Sejarah Kota Bekasi
Sejarah

Berita Sejarah Kota Bekasi

Bukan rahasia lagi Bekasi memiliki bukti panjang sejarah dimasa penjajahan, nggak heran mayoritas orang tahu Bekasi memiliki sejarah panjang dan membuat penasaran untuk di kulik.Apalagi terdapat Kereta Rel Listrik atau (KRL) pertama yang melaju k arah Jakarta, pasalnya saat masa penjajahan hampir separuh tanah di Bekasi dikuasai penjajah sehingga seluruh penjuru Bekasi merasakan penjajahan yang teramat pedih.

Berita Sejarah Bekasi Yang Wajib Diketahui

Berita Sejarah Kota Bekasi

Jangan salah loh, awal mula perjalanan orang maupun barang menggunakan kereta api di Bekasi sudah dimulai sejak tahun 1887. Dahulu lintasan rel trayek Batavia Bekasi sudah selesai di bangun, saat itu dibangun oleh Bataviasche Oostespoorweg Maatschappij. Tepatnya dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda, berikut ada berita sejarah Bekasi yang wajib diketahui:

  • Bekasi termasuk kota yang ramai sejak zaman penjajahan

Sejatinya, Bekasi sudah menjadi kota yang ramai sejak zaman penjajahan karena. Apalagi terdapat afdeling Meester Cornelis, suatu daerah yang selalu ramai dikunjungi para pedagang dari seluruh penjuru kota. Nggaj heran sejak tahun 1896, kota Bekasi sudah terkenal sebagai kota yang riuh sampai saat ini.

  • Bekasi sangat pelik saat masa penjajahan

Selain itu saat masa penjajahan, Bekasi pelik banget karena antar masyarakat masih campur aduk atau sulit terdapat kasih sayang diantara mereka. Semuanya sibuk dengan urusan masing-masing sehingga tak memperdulikan kepentingan bersama atau tatkala ada kesedihan menghadang. Sementara para penjajah mengupayakan semaksimal mungkin agar seluruh kota Bekasi dapat dikuasai, mereka melakukan segala cara dari halus sampai terang-terangan. Alhasil hampir seluruh tanah di Bekasi dapat dikuasai.

  • Sempat membuat para penjajah gentar

Siapa sangka, walaupun terkenal kota yang sangat ramai tetapi masyarakat Bekasi sempat membuat para penjajan gentar loh. Para penjajah sempat kelimpungan dan kehilangan akal untuk menguasai Bekasi, alasannya karena kebiasaan masayarakat dan cara unik dan cerdas masyarakat melawan penjajah.

Sebenarnya banyak hal penting mengenai perjuangan masyarakat Bekasi saat menghadapi kolonial Belanda. Tetapi ke 3 ulasan diatas dapat dijadikan wawasan bahwa warga Bekasi berupaya mengusir penjajan dengan potensial.

Author

Mattie Hansen